2 Agu 2015

Catatan Sunpride; Antara Buah dan Kegiatan [My 7 Days Fruits Diary]



Sabtu 26 Juni 2015
Acara Kompasaiana Nangkring bersama Sunpride
Dr. Grace Judia dan Ibu Lutfhie dalam acara bersama Sunpride (dokpri)

Kemeriahan acara bersama Sunpride masih melekat di benak, bertempat di Hotel Ibis Slipi menghadirkan dua narasumber kredibel. Banyak ilmu saya dapati dari Pakar Nutrisi Dr. Grace Judio, dan informasi bermanfaat dari Ibu Luthfie Aswawie Marcomm Manager PT. Sewu Segar Nusantara (SSN). Termasuk pengumuman digelarnya Blog writing competition, dengan tema "My 7 Days Fruits Diary". Saya mulai membayangkan beberapa nama buah dipersiapkan, mengikuti ketentuan yang ditetapkan penyelenggara.

Rabu 1 July 2015
Nyaris setiap pagi saya rutin berselancar di dunia maya, selain membiasakan diri menulis juga mencari informasi. Website www.sunpride.co.id tak lupa saya sambangi, akhirnya yang ditunggu datang juga. Pengumuman resmi dari PT. SSN terpublish, kabar  Blog Writing and Fruit Summit 2015Saya membaca seksama isi pengumuman, tak lupa mencermati ketentuan dan periode lomba. Segera menyusun jadwal selama sepekan, mengonsumsi buah  sebagai bahan tulisan.


**********

Buah Lokal
Saya yakin nyaris semua orang gemar mengonsumsi buah, dengan aneka cara dan rupa sesuai selera. Untuk buah tertentu ada yang bisa langsung dikonsumsi sekalian kulitnya, ada juga yang harus dikupas dulu atau "disulap" menjadi sup buah atau rujak. Buah ada yang diolah menjadi keripik, bahkan cocktail buah dalam kemasan kaleng. Saya sempat membaca sebuah artikel, transformasi buah menjadi keripik atau cocktail dalam kaleng akan mempengaruhi kandungan dalam buah.
Dalam keluarga kecil saya memiliki buah kesukaan, pepaya, semangka, melon (kalau diurutin) menjadi pilihan pertama.

Sstt....ada kabar kurang sedap !!
Badan Penelitian dan Pengembangan kesehatan (Balitbangkes) Kementrian Kesehatan, mengeluarkan data survey tentang diet total untuk seluruh Indonesia.  Hasilnya  93,5% penduduk kurang konsumsi sayur dan buah, padahal buah dan sayur adalah makanan kaya kandungan nutrisi. Khusus buah sangat kaya vitamin, mineral, asam folat, zinc, magnesium, kalium, potasium. Kandungan serat dalam buah-buahan sangat bermanfaat, untuk pencernaan dan melancarkan BAB (buang air besar).
Rekomendasi dari USDA's Food Guide Pyramid,  sebaiknya mengonsumsi buah dua sampai empat porsi per-hari. ( sumber; republika.co.id )

PT Sewu Segar Nusantara dengan brand Sunpride, cukup peduli dengan upaya peningkatan konsumsi buah. Mengajak masyarakat secara umum (blogger khususnya), menuangkan pengalaman mengomsumsi buah dalam tulisan.
Eits, tunggu dulu !
Tak sekedar mengonsumsi buah saja, tetapi juga menyosialisasikan gerakan 100%  Cinta buah lokal. (kereeenn).
Mencintai sekaligus mengonsumsi buah lokal selain menyehatkan, juga membantu keberlangsungan petani buah Indonesia. Bayangkan misalnya seperempat jumlah penduduk indonesia, setiap hari membeli dan mengonsumsi buah lokal. Saya yakin petani buah negri ini tersenyum, kesejahteraan hidup mereka meningkat. (semoga, aminn)
SSN  adalah distributor dan pemasaran buah, saat ini telah menjalin kerjasama dengan petani lokal. Mengembangkan langkah pengendalian kualitas buah yang ketat, dapat diandalkan oleh lebih dari 1.000 (seribu) petani lokal.

*******
MY 7 Days Fruits Diary
Saya antusias menunggu dan mengikuti event dari Sunpride, setelah membaca ketentuan lomba segera bergegas. Kebetulan bertepatan dengan bulan puasa, jadi saya mengonsumsi buah saat sahur atau berbuka.
O'ya meskipun berpuasa bukan berarti malas-malasan, sebagai wiraswasta tetap semangat beraktivitas. Siapa sangka Ramadhan tahun ini cukup padat kegiatan, kebanyakan menghadiri acara blogger menghadiri undangan bukber. 
Tak mengherankan kalau saya mengonsumsi buah, saat berada dalam bus, bersamaan dengan acara bukber di Hotel atau Rumah Makan. Bahkan ada saat saya berkejaran waktu menghadiri dua kegiatan, dengan lokasi yang kebetulan lumayan jauh.
Saya juga sempat tampil di acara TV lho gaes :)
Mau Tahu keseruan sepekan bersama Sunpride ? Yuk ikuti catatan harian selama 7 hari (seminggu) mengonsumsi buah lokal.
(Day 1)  Kamis, 2 July- 2015 - Pepaya California
Buah berkulit hijau kekuningan dengan daging merah tua sedikit kuning, biji-bijinya kecil dan banyak berwarna hitam. Menjadi kegemaran saya semenjak kecil, sehingga relatif sering saya konsumsi sampai sekarang. Kala itu dua pohon pepaya tumbuh, di kebun milik ayahanda di kampung halaman.

Manfaat buah pepaya tak usah diragukan, kandungan vitamin A berfungsi menjaga kesehatan mata. Pepaya bermanfaat memperlancar pencernaan, membantu meningkatkan sistem imun/ kekebalan tubuh, mendukung dan mempercantikan kulit bagi pengkonsumsinya. Daging pepaya dapat membantu melarutkan sel kulit mati, memberi dampak pada kesegaran dan kecerahan wajah.

Buah pepaya California Sunpride menjadi pilihan hari pertama dalam catatan sepekan mengonsumsi buah lokal. Kalau sedang malas mengupas kulitnya, saya punya kebiasaan mengeruk daging pepaya dengan sendok.
Duluu.. dulu ya kawan :)...Saat masih SD langsung menggigit  potongan buah pepaya, layaknya makan buah semangka. Acapkali sekitar mulut ini belepotan air pepaya, dan  dagingnya masih banyak yang tersisa.  Kisah Selengkapnya Klik Buah Pepaya Menemani Berpuasa.


(Day 2) Jumat, 3 July 2015 - Nanas Hony
Kalau mendengar buah nanas, langsung ingat clekit-clekit gatal di lidah dan tenggorokan...
Terus terang saya kurang suka buah nanas, rasanya manis campur asam tak menarik minat. Satu hal yang membuat keengganan muncul, adalah efek gatal di lidah atau tenggorokan setelah mengonsumsi. Kalaupun terpaksa mengonsumsi harus dicuci sampai bersih, yakin bahwa buah berwarna kuning ini aman.
Tapi......itu dulu....
Asumsi yang kadung melekat seketika lenyap, saat menghadiri acara talkshow bersama Sunpride. Nanas Hony beda dengan nanas yang biasa saya jumpa, mata buahnya sedikit dan rasanya didominasi manis. Cara mengupas juga sangat unik, tanpa membentuk lingkaran spiral di badan buah. Satu menjadi catatan penting, sama sekali  tidak ada rasa gatal.
Kok tidak gatal?
Nanas Hony Sunpride memiliki kandungan kalsium Oksalat terendah, sehingga tak perlu direndam air garam.

Apa itu Oksalat? Zat yang membuat tenggorokan gatal.
Buah nanas sangat rendah kolesterol, sodium dan lemak, kaya vitamin C, B6, thiamin, copper, manganase, dan serat. Mengandung sekitar 94% karbohidrat, tanpa ada aspek negatif.
Sementara manfaat buah nanas sangat beragam, Yuk simak di bawah ini
- Sebagai Enzim Pemecah Protein
- Meredakan radang (misal; Radang hidung & sinus, radang sendi)
- Membersihkan sisa luka (misal; luka bakar)
- Merangsang kontraksi otot (konstipasi kelahiran)
- Menghambat penggumpalan darah
Jumat sore saya membawa Nanas Hony saat menghadiri acara berbuka di masjid, menu berbuka berbeda dibanding jamaah lain. Kotak makan berwarna hijau terang saya keluarkan, bersanding dengan nasi box menu berbuka.
Kawan's mau tahu cara mengupas Nanas Hony yang unik ? kunjungi sini ya Prespektif Baru Buah Nanas


(Day 3) Sabtu 4 July 2015 - Pisang Cavendish
TINGG....
"Ayah beliin Sunpride buat adik ya" sebuah pesan dari istri masuk ke smartphone.
Saya paham pesanan yang dimaksud istri, tanpa bertanya segera menuju tempat buah pisang
Sunpride identik dengan buah pisang, orang selalu mengaitkan dengan buah berkulit kuning ini. Buah pisang relatif mudah didapat dengan harga terjangkau, saya biasa membeli di supermarket dekat rumah. Warnanya kuning cerah dengan sedikit hijau, menambah cantik penampilan buah yang satu ini.
Perjalanan hari ketiga mengonsumsi buah, bertepatan dengan acara blogger "Visit Tol Cipali". Saya sengaja membawa bekal Pisang untuk berbuka, sekaligus melengkapi perjalanan hari ketiga bersama buah.

O'ya  tahukah manfaat buah Pisang ?
- Kaya Vitamin B ; mempercepat pembentukkan serotonin (mood baik)
- Tinggi Potasium (kalium) ; merangsang pembuluh darah melebar.
- Banyak senyawa phenol, sebagai aktioksidan
- Relatif Tinggi protein ; IG Rendah
Senja datang beriring adzan maghrib berkumandang, saya bersama rombongan blogger masih berada dalam perjalanan. Seharian bersama petinggi KemenPU menyusuri tol Cipali, konon menjadi Tol terpanjang di negeri tercinta. Kami membatalkan puasa dalam perjalanan di bus, dan saya satu satunya yang mengonsumsi pisang sebagai takjil (pembatal puasa). 
[Siapa nyana acara siang ini membawa berkah, Selasa minggu berikutnya terlibat sebuat talkshow di televisi]  Kisah Seru ada di Berbuka Pisang Cavendis di Bus )
Day 3 ; Pisang, Day 4 ; Guava, Day 5 Melon (dokpri)
(Day 4) Minggu 5 July 2015- Guava Crystal
Bersama buah ini saya memiliki nostalgia menyenangkan, membeli jambu dan disuruh mengambil dari pohon oleh pemiliknya. Kenangan kecil yang teramat membekas, sekaligus menanamkan kegemaran saya pada buah jambu.
Guava Sunpride menjadi agenda hari ke empat, saya konsumsi saat berbuka dan usai sholat taraweh.
Setelah saya membaca banyak buku dan artikel, betapa buah Guava crystal kaya manfaat.
Yuk, cekidot..!

- Tinggi kandungan Vitamin A dan kaya Vitamin C 5 x lebih banyak dibanding jeruk
- Mengandung banyak flavonoit
- Tinggi Potassium 40%  lebih banyak dari Pisang
- Sangat kaya kandungan serat, memperlambat muncul rasa lapar (cocok untuk diet)
Setelah sehari kemarin berbuka di luar rumah, hari minggu ini memilih di rumah saja. Masakan sederhana istri terasa istimewa, seiring senyum anggota keluarga. Guava Crystal  hadir menjadi pelengkap, membuat bahagia semakin sempurna.

Kisah yang komplit kunjungi Link di Sini Guava Crystal Kaya Manfaat )


(Day 5) Senin 6 July 2015 - Golden Melon
Buah melon yang sering saya lihat  berkulit hijau tebal, sementara Golden Melon Sunpride berwarna kuning. Sebelum membelahnya sempat saya mengira, daging buah mirip atau sejenis timun suri. Pertanyaanpun terjawab dengan sendirinya, daging buah layaknya melon pada umumnya.
Acara berbuka sore ini di rumah mertua, tak jauh dari tempat kami tinggal. Demi kepraktisan buah melon dipotong dadu, ditaruh dalam kotak makan dari plastik. Saya mengonsumsinya sebelum makan berat, sembari merasakan nikmatnya berbuka puasa.
Nah berikut manfaat buah Melon;

  • Kandungan Vitamin C manjur mengobati sariawan, menghaluskan kulit dan meningkatkan daya tahan tubuh
  •  Antioksidannya sebagai penangkal serangan radikal bebas penyebab kanker dan penyakit jantung.
  • Melancarkan BAB sekaligus mengatasi masalah pencernaan,
  • Menurunkan resiko stroke, mencegah penggumpalan darah  sekaligus melancarkan aliran darah.
  • Menurunkan resiko penyakit ginjal, menyembuhkan penyakit eksim
  • Rasanya yang segar membantu menyembuhkan penyakit panas dalam.
Buah Golden Melon Sunpride menuntaskan puasa hari senin, melengkapi kenikmatan berbuka puasa.

Kisahnya ada di sini Melon Segar Saat Berbuka untuk kisah lengkapnya)

(Day 6) Selasa 7 July 2015 - Jeruk Baby
Selasa ini saya menghadiri acara bukber komunitas blogger, malam hari tampil di acara sebuah televisi. Jeruk baby yang sudah saya peras airnya, menemani dua acara yang harus diselesaikan sore hingga malam. Keputusan memeras air jeruk baby saya rasa cukup tepat, agar selama berkegiatan tak perlu repot. 

Begini repot versi saya kalau membawa jeruk baby utuh ;
- Setelah mengupas kulit jeruk musti mencari tempat sampah.
- Saat menguyah harus membuang bijinya (berkali kali lagi...hadeuh)
Ide memeras air jeruk sebenarnya tidak tiba tiba, pada suatu acara saya melihat mbak dari Sunpride melakukan hal ini.

Buah Jeruk adalah buah kaya manfaat lho, Yuk disimak ;
- Kandungan D-limone dalam jeruk mencegah penyakit kanker seperti usus besar, mulut, payudara, kulit dan paru paru
-  Zat Hesperidin dan Pectin, sangat berguna menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi
- Mengurangi radang pada sendi, atau kekakuan pada otot sendi.
- Kandungan asam folat sangat membantu untuk perkembangan otak.
- Sumber Vitamin C berguna untuk merangsang produksi sel darah putih, meningkatkan sistem imun, atau kekebalan dalam tubuh kita.
- Zat antioksida dapat membantu, melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Sehingga akan tampak awet muda.

Waktu berbuka tiba mayoritas teman blogger menikmati dua butir kurma juga teh hangat manis, Daaan....Taraa....
Saya mengeluarkan tempat minum transparan, minum air perasan jeruk baby dari rumah.
"kok bawa minum sendiri?" tanya teman penasaran
"Iya..lagi pengin minum jeruk saja" jawab saya singkat

Tampil di satu acara talkshow di televisi (dokpri)

Acara bukber bersama blogger di rumah makan daerah Cikini, tak bisa tuntas saya ikuti sampai ujung. Ada keperluan lain sudah tersepakati, bergabung live di acara sebuah stasiun televisi. Kebetulan tema yang diangkat seputar kesiapan Tol Cipali, saya sempat visit pada hari Sabtu yang lalu. Kehadiran saya sebagai netizen cukup simple, diminta menceritakan pengalaman berkunjung ke Tol Cipali sebagai testimoni.
O'ya ada yang seru !!
Demi sampai di studio daerah Palmerah tepat waktu, saya musti membelah kemacetan ibu kota. Perasaan was was terus menghantui, mengerahkan strategi agar tepat waktu. Dua kali saya musti mematikan mesin, mendorong motor sedikit melawan arus agar bisa motong jalan. Karena terburu-buru saya merasakan berharganya waktu, tak ingin rasanya menyia-nyiakan sedetikpun.
(Keseruan kisahnya. KLIK Jeruk Peras Menemani Aktivitas )
Day 6 ; Jeruk baby, Day 7 ; Apel (dokpri)
(Day 7) Rabu 8 July 2015- Apel Grammy Smith
Hari ke tujuh sekaligus pamungkas "My 7 Days Fruits Diary", giliran Apel Grammy Smith Sunpride. Buah yang identik dengan kota dingin Malang, saya bawa sendiri sembari bukber di sebuah Hotel di kawasan BSD Tangsel.
Kok bawa buah sendiri?
Meskipun acara berbuka di hotel ternama, siapa menjamin tersedia buah Apel.
Ada jeda sambil menunggu berbuka, ini hasil browsing manfaat buah Apel:

  • Quercetin dalam buah apel dapat melindungi sel otak, dari jenis kerusakan radikal  bebas, membantu mencegah kepikunan
  • Bagi perempuan hamil mengkonsumsi apel sangat bagus, mencegah peyakit asma pada bayi yang akan dilahirkan.
  • Khasiat buah apel akan maksimal, jika buah ini dikonsumsi secara utuh tanpa dikupas.
  • Pengonsumsi buah apel beresiko rendah, menderita kanker (kanker mulut, esofagus, usus besar, payudara, dsb)
  • Sebuah  penelitian mengungkapkan fakta, seporsi apel membantu menurunkan sampai 40% resiko stroke.
  • Kandungan kalium yang merupakan mineral, membantu meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, dan mengatur pengiriman zat gizi
  • Meningkatkan daya tahan tubuh; hal ini bisa dipraktekkan sebelum olahraga, bertujuan meningkatkan stamina.
  • Flavonoid yang terkandung dalam apel, dapat melindungi wanita pasca monopouse dari osteoporosis, sekaligus meningkatkan kepadatan tulang.
Setelah saat berbuka tiba....
Prasangka di awal keberangkatan terbukti, potongan buah dengan kombinasi warna serasi di piring saji. Oleh pramusaji hotel profesional ditata berjajar rapi, persis di ujung makanan utama. Alhasil tak ada buah apel yang dicari, untungnya saya sudah menyiapkan sendiri. Teman di kursi sebelah yang sudah tahu aksi saya, tak terlalu keberatan ulah saya ber- selfie.
(Selangkapnya ada di Berbuka di Hotel Membawa Buah Sendiri )

***********

Ketagihan Buah
Sayang menghentikan kebiasaan baik, kegiatan mengonsumsi buah terus saya lanjutkan. Ibarat "sudah nyemplung air sekalian basah", maka manjadikan buah bagian dari keseharian adalah keputusan tepat. Buah Sunpride tersimpan dalam ransel pungung, dengan setia buah mengikuti kemana pergi. Berikut kawan's beberapa gambar bersama buah Sunpride :



Puasa Ramadhan sudah diujung hari, umat muslim bersuka ria menyambut kemenangan. Langit dipenuhi warna warni petasan, gema puji pada Maha Pencipta bersahutan. Sholat idul fitri serentak dilaksanakan, saya tak biasa sarapan terlalu pagi (sebelum jam 06.00). Sebagai ganti membawa pisang dan guava crystal, diselipkan dalam tas berhimpit sajadah. Dua  buah ini cukup mengeyangkan, mengganjal perut sebelum makan besar.

Kawasan Sibuk Kelapa Gading juga lengang (dokpri)

Sepinya daerah Monas Jakarta Pusat (dokpri)


Kebetulan saya sudah mudik pada awal bulan puasa, lebaran ini bisa merasakan lengang jalanan ibukota. Suasana Jakarta ditinggal peghuninya sangat beda, beberapa sudut sempat saya jepret untuk kawan's.


Obyek Model menjadi bidikan kamera (dokpri)

Beberapa kegiatan bersama blogger juga saya ikuti, apel fuji dan buah pear Sunpride setia menemani. Saat mengabadikan kesepian Jakarta ditinggal penghuninya, Apel Fuji dan Singo Pear Sunpride saya konsumsi.
-0-o-0-
Meeting di Mall (dokpri)


Usai masa libur lebaran habis dan kembali beraktivitas, Pisang Cavendish menemai keseharian. Saat menghadiri sebuah acara bersama pakar telekomunikasi, tak urung saya membawa buah berlabel Sunpride.

Jakarta Kembali Sibuk (dokpri)

Kota Megapolitan kembali seperti semula, hampir setiap ruas jalan dipenuhi kendaraan. Meskipun macet dimana mana tak membuat gelisah, Pisang dan guava Sunpride tetap saya bawa sebagai camilan sehat.   
Takada ruginya kita mengonsumsi buah, justru keuntungan akan didapatkan. Selain praktis dibawa kemana-mana, yang pasti juga menyehatkan. Sampai tulisan ini dipublish tetap saya pertahankan, mengonsumsi buah-buahan dalam keseharian. Akibat megonsumsi buah pula badan saya terasa enteng, usut punya usut bobot tubuh saya perlahan menyusut. (Yesss)
Program diet selama puasa ditunjang buah, berhasil mewujudkan keinginan melangsingkan badan. Memang perlu upaya yang kuat dan sungguh dari dalam diri, menjadikan buah sebagai bagian dari gaya hidup. Tak ada salahnya memulainya dari sekarang, toh setiap kebiasaan baik hasilnya dinikmati sendiri.
Tapi jangan sampai salah makan buah ya gaes, pilih buah lokal berlabel Sunpride. Demikian catatan saya dalam mengonsumsi buah, semoga tulisan ini bermanfaat bagi kawan's. (Salam sehat bersama Sunpride )

36 komentar:

  1. Mantap ulasannya Mas. Salam kenal :)
    www.bairuindra.com

    BalasHapus
  2. Wuih, mantap Mas. Buah sunpride setia menemani ke banyak acara. Ini buahnya yg ikut ngeksis mas Agung atau mas Agung yg numpang eksis ke buah yak? :p Sakseiiissss yaa

    BalasHapus
  3. Sunpridenya setia menemani tuu, makan buah emang lebih sehat dan segar, coba harga sunpride bisa setara ama buah lokal lain, pasti masyarakat kurang mampu juga bisa meniknatinya

    BalasHapus
  4. 1.wah buahnya lokal semua ya mas..tapi nama2nya kok nginggris alias interlokal..hehe salam,@nikomamora

    BalasHapus
    Balasan
    1. 2.buah lokal kalo dikelola dengan baik bisa jadi bagus ya..trus harganya pun bisa meningkatkan taraf hidup petani buah..

      Hapus
    2. 3.one apple a day put my doctor away,makan buah teratur setiap hari membuat kita bisa sehat dan terhindar dari berobat ke dokter..hehehe

      Hapus
    3. 3.one apple a day put my doctor away,makan buah teratur setiap hari membuat kita bisa sehat dan terhindar dari berobat ke dokter..hehehe

      Hapus
    4. Bang Niko selamat
      dan sukses

      Hapus
  5. 1. Saya lagi menjalani kebiasaan baru sarapan dengan buah. Emang bener, sarapan dengan buah itu lebih sehat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 2. Kalau ngomongin buah-buahan, saya paling suka buah yang rasanya acid atau masam kayak strawberry atau kiwi. Seger, sembriwing gitu. Cuma emang kiwi harganya mahal, ya hehehe....

      Hapus
    2. Asik ya menikmati sunpride. Selain bikin sehat juga membantu mensejahterakan petani lokal. Emang deh kalau tampilan menarik itu bikin gengsi. Semoga semakin banyak orang Indonesia yang mengonsumsi buah-buahan. Biar makin banyak yang sehat dan petani Indonesia juga lebih makmur.

      Hapus
    3. Mbak Efi terimakasih sdh berpartisipasi
      sukses selalu dan salam :)

      Hapus
  6. 1. Wah keren nih Mas Agung, lengkap bingit artikelnya dan pastinya sangat menarik untuk dibaca. Setelah membaca artikel Mas Agung jadi tau lebih banyak nih tentang pentingnya mengkonsumsi buah. Apalagi sudah ada kisahnya Mas Agung langsung yang sudah ngalamin hehe... ayooo makan buah !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bowo Susilo apa kabar
      terimakasih sudah berkunjung
      sukses selalu dan salam :)

      Hapus
  7. Semoga semua buah lokal indonesia bisa dikemas dengan api sehingga mendapat tempat di pasar lokal ataupun di pasar internasional sekalipun, Hidup buah Indonesia, artikelnya mencerahkan mas Agung

    BalasHapus
  8. luar biasa memang ini, cara hidup sehat ala mas agung han

    BalasHapus
  9. selamat ya mas agung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Uci terimakasih pertisipasinya
      sukses dan salam :)

      Hapus
  10. Ane ramein dah Mas Agung, selamat dan sukses selalu

    BalasHapus
  11. Jadi 3 komentar nih, ayo kita ramein blog Mas Agung Han, dapet kamera dapet kamera dah, gretong bro :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Topik terimakasih sudah berkunjung
      sukses selalu dan salam :)

      Hapus
  12. 1. Akhir-akhir ini lagi hobi hobinya bikin kue.. Habis baca blog ini jadi pengen bikin kue dari buah pisang sunpride deh... Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. 2. Haees baru kmrn kepikiran hari ini uda jadi lo cake pisangnya.... Huii maknyus deh

      Hapus
    2. 3. Jujur saya juga pengen aktif nulis blog kaya om agung... Bismillah moga2 menang giveawaynya....

      Hapus
    3. Frau Devita selamat
      sukses selalu dan salam :)

      Hapus
  13. Buah lokal nggak kalah soal rasa dengan buah import, yakin deh

    BalasHapus
  14. Self fruit,....mantap mas... kayanya bakalan menang nih. Paling tidak terpilih sebagai 30 orang ke FruitSummer2015 .....semangat ya mas, tulisannya menginspirasi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Sally trimakasih sudah berkunjung
      sukses selalu dan salam :)

      Hapus
  15. Wah.. Mas agung.. Artikelnya bikin ngiler..

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih mbak Mira
      sukses selalu salam buat mas Tauhid dan si kecil
      salam :)

      Hapus
  16. 1. Buah buahan memang terbukti baik untuk tubuh. secara alami sudah terkandung banyak vitamin dan zat penting lainya yg sangat bermanfaat untuk kesehatan. saya jyga sedang menerapkan pola makan sehat,food combining. dan salah satunya mengkonsumsi buah untuk sarapan. karna konsumsi buah sangat baik ketika perut dalam keadaan kosong. nice post mas agung ^_^

    BalasHapus
  17. 2. artikel mas agung ini komplit banget. disertai dgn sumber yg jelas dan detail. yakin menang ini mah...hehe toss lah sama ahnaf :D

    BalasHapus
  18. 3. last but not least...^_^ bertambah lagi wawasan saya tentang buah2an terutama sunpride. foto2 nya juga ga kalah kerwnnya. cuma saya jd gagal fokus di hunting foto. coba kalo modelnya suruh makan buah sekalian...hahaha. next time..saya ajalah yg jadi model..uhuk..! #wanipiro? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Foe terimakasih sdh berpartisipasi
      salam :)

      Hapus
  19. Selamat mas Agung..pantas menang. Buahnya diajak jalan-jalan kemana-mana. Fotonya keren.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih Mbak Arin sudah berkunjung
      salam :)

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA